Tinggalkan komentar

Gagasan Utama dalam Teks


Menemukan Gagasan Utama dalam Teks

oleh Budi Ramli

        Menemukan gagasan utama bukanlah hal yang sulit, cuman memang membutuhkan ketelitian berpikir dan bertindak. Seringkali siswa kesulitan menjawab soal yang berkaitan dengan gagasan utama. Oleh sebab itu saya ingin membagi bagaiman mencari gagasan utama pada teks.

        Pertanyaan, “ Apa yang dibicarakan dalam teks itu ?”. pertanyaan seperti itu menjawab tentang apa yang menjadi jawabannya. Selain itu, kita perlu mengetahui jenis paragrafnya. Gagasan utama terdapat dalam kalimat utama, kalimat utama merupakan pola pengembangan dalam paragraf. Paragraf dengan pola kalimat utama diawal paragraf merupakan paragraf deduktif yaitu dengan pola umum ke khusus, seterusnya ada paragraf deduktif yaitu dengan menempatkan kalimat utama diakhir paragraf atau dengan pola khusus ke umum, selain itu ada kalimat dengan pola campuran, tetapi itu bentuk paragraf berdasarkan tujuannya seperti paragraf narasi, paragraf deskripsi, paragraf argumentasi, paragraf ekposisi, paragraf persuasi, dan paragraf ekplorasi.

        Siswa harus mampu mengenali jenis paragraf dalam menemukan kalimat utama supaya gampang menjawab soal dengan pertanyaan dalam sola seperti, “ Apa gagasan utama dari teks di atas ?”, perlu kita ketahui bahwa gagasan utama sama dengan ide pokok, pokok pikiran, dan pokok pembicaraan, jadi kalau ada pertanyaan dengan vokal soal seperti itu jawabannya sama.

       Pertama perlu diketahui bahwa gagasan utama terletak dalam kalimat utama, kedua gagassan utama merupakan inti dari kalimat utama, jadi tidak seluruh kalimat utama merupakan gagasan utama.

Perhatikan contoh paragraf berikut ini !

Negara adalah institusi mapan, tetapi tetap dinamis sehingga mampu mengantisipasi segala perubahan yang terjadi. Negara mewadahi seluruh kepentingan masyarakat bangsa. Ia hanya menyediakan kerangka umum yang bersifat abstrak, sehingga terbuka untuk ditafsirkan. Sementara pemerintah adalah pranata kontemporer, sebagai penyelenggara negara dalam jangka waktu yang ditetapkan oleh konstitusi negara.

        Berdasarkan paragraf di atas,  pertama-tama identifikasi jenis paragrafnya. Paragraf di atas berjenis paragraf deduktif karena kalimat utama terletak diawal paragraf yaitu kalimat yang berbunyi, Negara adalah institusi mapan, tetapi tetap dinamis sehingga mampu mengantisipasi segala perubahan yang terjadi. Kalimat tersebut merupakan kalimat utama karena mengandung pengertian secara umum dari keseluruhan isi paragraf, sedangkan kalimat yang lainnya merupakan kalimat penjelas, setelah itu kita bisa mencari gagasan utamanya. Gagasan utama pada paragraf di atas yaitu Negara adalah institusi mapan yang dinamis.

        Intinya, gagasan utama terdapat pada kalimat utama dan merupakan inti dari pengembangan kalimat berikutnya. Jadi tidak seluruh bagian kalimat utama diambil untuk dijadikan gagasan utama tetapi hanya inti dari kalimat utama.

Tinggalkan komentar